Arif Hamid Rahman Bakal Calon Pilwalkot Bandung Terkuat Gerindra

arifhamidrahman.com – Dilansir dari ayobandung.com, bakal calon Wali Kota Bandung dari Partai Gerindra, Arif Hamid Rahman menjadi kandidat yang paling diperhitungkan untuk diusung partainya pada Pilwalkot Bandung.

Berdasarkan survei yang dirilis Indonesia Strategic Institute atau Instrat, nama Arif disandingkan dengan Wakil Wali Kota Bandung, Oded M Danial dan memperoleh hasil di atas calon lainnya, seperti Ayi Vivanada-Fiki Satari, Nurul Arifin-Arfi Rafnialdi, dan Yosi Irianto-Chairul Yaqin Hidayat.

Menurut Analis Sosial Instrat, Adi Nugroho, nama pasangan calon yang dikeluarkan dari survei tersebut berdasarkan nama-nama yang muncul di dalam partai. “Itu sudah muncul dari konvensinya Gerindra artinya kita mengambil semua nama didasarkan apa yang sedang berlangsung hari ini,” ungkap Adi di Bandung, Senin (16/10/2017).

Nama-nama seperti Arif dan Oded yang dimunculkan memang sedari awal mempunyai kecenderungan untuk dipilih. “Sudah ada kecendrungan dari parpol, sudah masuk radar dari konvensinya,” tandasnya.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Bandung, M Fadhli Muttaqien berpendapat, Partai Gerindra mempunyai peluang meraih banyak calon pemilih. Hal itu didasari dua sebab. Pertama, Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto menjadi salah satu calon terkuat dalam kontestasi Pilpres 2019. “Kedua, para pemilih daerah di Jabar dalam Pilpres 2014 banyak mendukung Gerindra,” jelasnya.

Dalam konteks Pilwalkot Bandung, bila Gerindra ingin melanggengkan kedudukannya, maka calon mesti dipilih dari internal partai.

“Kita tahu bahwa partai Gerindra pernah mengusung Ridwan Kamil menjadi Wali Kota Bandung, namun akhirnya Ridwan Kamil tidak sejalan,” ujar Fadhli. Artinya, untuk menghindari hal tersebut, Partai Gerindra harus memunculkan nama dari internal partainya. 

Beberapa nama muncul dari internal partai seperti Ketua Fraksi DPRD Kota Bandung, Arif Hamid Rahman, Bucky Wikagoe dan lainnya. Menurut Fadhli, di antara nama tersebut Gerindra mesti komit dalam mengusung salah satunya.

“Ada nama Arif Hamid Rahman yang kemudian bisa menjadi calon terkuat dari Partai Gerindra, hanya bagaimana Gerindra memilih opsi calon politiknya,” jelasnya.

sumber: ayobandung